Please wait while JT SlideShow is loading images...
Photo Title 1Photo Title 2Photo Title 3Photo Title 4

Informasi

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Galeri Foto

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Sejarah STAINU Jakarta

Pengembangan pendidikan manjadi salah satu prioritas dalam lingkungan organisasi maupun warga Nahdlatul Ulama (NU). Sejak berdiri pada tahun 1926, NU telah mendirikan berbagai macam satuan pendidikan, seperti Madrasah Diniyah, Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Muallimin Wustha dan Ulya. Tidak hanya yang berbentuk madrasah, berbagai satuan pendidikan umum juga bernaung di bawah NU, seperti SD, SMP, SMA dan SMK. Data Lembaga Pendidikan Ma’arif NU menunjukkan bahwa, saat ini terdapat 12.618 satuan pendidikan dasar dan menengah. NU juga memiliki beberapa perguruan tinggi tersebar di seluruh Indonesia. Ada 201 perguruan tinggi dari berbagai konsentrasi dan jurusan yang merupakan perguruan tinggi Nahdlatul Ulama dan terkoordinasi dalam Lajnah Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU).

Pada tahun 1998, Pengurus Besar NU mendirikan Yayasan Perguruan Tinggi NU. Di tahun 1999, yayasan tersebut telah menghasilkan master plan bagi berdirinya Universitas Nahdlatul Ulama. Akan tetapi realisasi dari gagasan tersebut diwujudkan secara bertahap dengan mendirikan berbagai sekolah tinggi dengan beragam jurusan dan program studi. Sekolah-sekolah tinggi tersebut pada saatnya nanti akan menjadi kekuatan pendukung bagi berdirinya Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Jakarta.

Adalah Sekolah Tinggi Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Jakarta yang didirikan pada tahun 2001, menjadi pelopor bagi upaya tersebut. Di tahun 2003, STAINU Jakarta sudah mendapatkan izin operasional dari Departemen Agama RI.

Sebagai penjaminan mutu penyelenggaraan pendidikan dan usaha peningkatan status, peringkat perguruan tinggi, STAINU Jakarta telah mendapatkan Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) No. SK. 021/BAN-PT/Ak-XII/S1/VII/2009 tanggal 31 Juli 2009 dan berlaku hingga 31 Juli 2014.

Pada tahun 2011, STAINU Jakarta menyelenggarakan 3 (tiga) program studi yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI) Ahwalussyahsiyah dan Perbankan Syari’ah.

Melalui proses pembelajaran yang lebih menekankan student center, STAINU Jakarta memiliki komitmen kuat untuk melahirkan sarjana pendidikan profesional, bertafaqquh fid-din dan beraliran Ahlussunnah wal Jama’ah. Sampai tahun 2012, STAINU Jakarta telah meluluskan 321 Sarjana Pendidikan Islam.

 

Kolom Pimpinan

Menghidupkan Kembali Ajaran Autentik Islam Nusantara

Menghidupkan Kembali Ajaran Autentik Islam Nusantara


Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com